Tuesday, September 29, 2020

5 Hal Penting dan Mendasar yang Harus Dimiliki Seorang HR

Dias Akhmad  |  at  September 29, 2020  |  ,  | 

Dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai seorang HR, ada beberapa hal penting dan mendasar yang wajib dimiliki oleh seorang HR. Hal ini dimaksudkan agar peran kita sebagai seorang HR benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh perusahaan dan karyawan.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa profesi HR adalah salah satu posisi atau jabatan strategis dalam perusahaan yang memiliki peran penting dalam maju mundurnya sebuah perusahaan melalui pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) nya.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya ingin berbagi pemikiran tentang apa yang diperlukan oleh seorang HR dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Berikut 5 hal penting dan mendasar yang harus dimiliki oleh seorang HR: 

1. Kuasai Kompetensi yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus dimiliki untuk sebuah pekerjaan adalah kompetensi yang meliputi 3 aspek yaitu: sikap kerja, pengetahuan dan keterampilan.

Untuk menjadi seorang HR yang andal dan professional, Anda harus menguasai kompetensi yang dibutuhkan. Dalam hal ini, kompetensi yang dibutuhkan di tiap level HR juga berbeda, misalnya antara posisi Staff HR dan Manager HR tentu kompetensinya berbeda. Dengan demikian, Anda harus menyesuaikan diri atau meningkatkan kompetensi Anda sesuai dengan level jabatan Anda di departemen HR.

2. Siapkan Mental

Menjadi seorang HR membutuhkan mental yang kuat. Di HR, Anda akan berhubungan dengan banyak orang dengan berbagai karakter, jika Anda tidak memiliki mental yang cukup kuat, Anda mungkin akan sering merasa kecewa, putus asa atau bahkan dalam beberapa kasus memilih untuk mengundurkan diri.

3. Berposisi Netral

Sangat penting bagi seorang HR untuk menjadi netral, tidak berpihak kepada pengusaha (baca: perusahaan) dan juga tidak berpihak kepada karyawan. 

Dalam hal ini HR memposisikan diri sebagai penengah atau mediator yang menjalankan fungsinya sesuai amanat Undang-Undang. HR harus memastikan bahwa hubungan industri antara pengusaha dengan karyawan berjalan dengan harmonis dan selaras dengan perundangan serta ketentuan yang berlaku.

4. Pahami Proses Bisnis

Apa pun bentuk bisnis atau usahanya, setiap perusahaan pasti menginginkan output positif dari kegiatan atau proses bsinisnya yang melibatkan manusia. Melalui pengelolaan SDM yang baik oleh departemen HR, diharapkan dapat mendukung kelancaran proses bisnis perusahaan.

Di sini, HR harus benar-benar memahami proses bisnis perusahaan sehingga dapat membuat strategi yang tepat dalam pengelolaan SDM nya. 

Dengan memahami proses bisnis, banyak hal yang dapat menjadi pertimbangan HR dalam hal merekrut karyawan, jenis training and development yang dibutuhkan, remunerasi dan lain-lain. Dalam hal ini HR benar-benar berupaya untuk menjadi Business Partner yang sesungguhnya bagi perusahaan.

5. Legacy

Seperti pohon pisang yang takkan mati sebelum berbuah dan bertunas, seorang HR akan selalu berpikir tentang hal positiif atau bahkan legacy apa yang bisa ia berikan kepada perusahaan dan karyawan sebelum ia memutuskan untuk berhenti.

Nama baik perusahaan menjadi salah satu yang selalu ia jaga. Kebahagiaan tertingginya adalah ketika melihat senyuman bahagia pengusaha dan karyawan dalam hubungan industri yang harmonis.

Semoga bermanfaat.

5 Hal Penting dan Mendasar yang Harus Dimiliki Seorang HR Rating: 4.5 Diposkan Oleh: DiyaRF