Tuesday, December 29, 2020

Saldo JHT Kosong Padahal Sudah Terdaftar Sebagai Peserta BP Jamsostek

Dias Akhmad  |  at  December 29, 2020  |   | 

Salah seorang karyawan menyampaikan kepada saya bahwa saldo JHT nya kosong padahal ia telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek sejak setahun yang lalu.

Untuk memastikan kebenaran hal tersebut, saya meminta karyawan tersebut untuk menunjukkan buktinya. Sang karyawan kemudian menunjukkan aplikasi BPJSTKU pada Smartphone miliknya. Saya tap menu Lihat Saldo pada aplikasi dan ternyata memang kosong atau tidak ada saldo.

Saya coba tap pada menu Kartu Digital yang menunjukkan Kartu Digital Kepesertaan BP Jamsostek karyawan tersebut dimana tercantum nomor KPJ. Saya kemudian memintanya untuk mencocokkan nomor KPJ pada Kartu Digital di aplikasi dengan nomor KPJ pada Kartu Fisik BP Jamsostek miliknya.

Ternyata, nomor KPJ nya berbeda. Hal ini menjadi titik terang kenapa saldo JHT nihil atau kosong padahal telah lama terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek.

Sebab Kenapa Saldo JHT Kosong pada Aplikasi BPJSTKU

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata karyawan ini pernah melakukan klaim JHT BP Jamsostek milikinya sebelum bergabung dengan perusahaan kami. Sebab itu, saldo JHT pada aplkasi BPJSTKU miliknya menjadi kosong atau nihil.

Penyebab kosongnya saldo JHT pada aplikasi BPJSTKU disebabkan karena nomor KPJ yang terdaftar pada aplikasi adalah nomor KPJ lama (yang sudah dilakukan klaim) sehingga harus diupdate dengan nomor KPJ baru.

Cara Update nomor KPJ pada aplikasi BPJSTKU

Untuk mengganti nomor KPJ lama dengan nomor KPJ yang baru bisa dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Tap menu Profil
  2. Tap menu Pengaturan
  3. Tap submenu Tambah KPJ. Isi nomor KPJ sesuai dengan yang tertera pada kartu fisik BP Jamsostek
  4. Tap Kirim

Setelah pengaturan KPJ baru berhasil disimpan, silahkan kembali ke menu Lihat Saldo pada aplikasi BPJSTKU. Jika nomor KPJ yang kita input benar, maka Saldo JHT akan tampil pada aplikasi.

Alhamdulillah dengan cara di atas, saldo JHT pada aplikasi BPJSTKU milik karyawan telah tampil dan karyawan dapat melihat saldo JHT miliknya.

Semoga bermanfaat.

Saldo JHT Kosong Padahal Sudah Terdaftar Sebagai Peserta BP Jamsostek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias