Thursday, June 23, 2022

Apa itu LMS & Pentingnya Untuk Perusahaan

Dias Akhmad  |  at  June 23, 2022  |  , ,  | 

2020-21 merupakan transformasi besar-besaran bagi industri eLearning di seluruh dunia, dengan orang dan organisasi menilai kembali cara mereka tumbuh dan belajar di dunia pasca pandemi.

Pada tahun 2022, 72% spesialis pembelajaran dan pengembangan akan fokus pada peningkatan keterampilan/peningkatan keterampilan karyawan dan transformasi digital.

Seiring berjalannya waktu, pelatihan perusahaan yang fleksibel secara bertahap menjadi norma; perusahaan mencari strategi zaman baru untuk melatih karyawan mereka untuk pertumbuhan.

Di dunia di mana karyawan mengharapkan peluang untuk maju dan belajar, memerlukan solusi yang cepat, andal, dan terukur. 

LMS perusahaan sangat penting!

Apa itu  Learning Management System (LMS) perusahaan? Bagaimana LMS dapat membantu karyawan dan pertumbuhan bisnis perusahaan? Mari kita cari tahu.

Apa itu LMS Perusahaan?

Sistem manajemen pembelajaran perusahaan, atau LMS perusahaan, adalah perangkat lunak yang dikembangkan untuk memberikan pelatihan online dan konten pembelajaran kepada karyawan perusahaan.

Tidak seperti platform yang dirancang untuk siswa sekolah atau perguruan tinggi, LMS perusahaan secara khusus digunakan untuk melatih karyawan dan membantu mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk peran mereka, yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas karyawan dan mendorong pertumbuhan bisnis.

Menurut penelitian terhadap 2.500 perusahaan oleh Association for Talent Development, perusahaan yang terlibat dalam pelatihan perusahaan yang komprehensif dan teratur melaporkan pendapatan per karyawan 281% lebih tinggi daripada perusahaan yang tidak menawarkan pelatihan apa pun kepada karyawan mereka.

Apa yang bisa membuat ini efisien?

Ini bukan tentang pelatihan K12-platform-adopsi-untuk-karyawan, dengan gamifikasi dasar dan kemampuan keterlibatan pelajar.  Kita berbicara tentang LMS yang ramping, skalabel, disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang memiliki kemampuan untuk merayu audiens perusahaan Anda.

Siapa saja yang menggunakan LMS?

LMS perusahaan digunakan oleh usaha kecil dan menengah (UKM), perusahaan besar, dan organisasi nirlaba dan pemerintah .

Dengan kata lain, layanan ini digunakan oleh semua orang !

Dan kita tidak hanya berbicara tentang perusahaan IT. Kita berbicara tentang semua jenis profesional - dokter hewan, agen asuransi, tenaga penjualan, spesialis kesehatan, pengacara, pekerja sosial, agen perjalanan, dll.


Statistik menunjukkan bahwa pada 2021/2022, ada 73,8 juta pengguna LMS secara global, di mana 65% adalah eksekutif tingkat korporat dan 35% adalah manajer.

Itu tidak berarti bahwa setiap industri menggunakan jenis LMS yang sama. Bagi sebagian orang, LMS open-source adalah solusi sempurna. Bagi yang lain, LMS berbasis cloud melakukan pekerjaan itu. 

Mari kita bahas terlebih dahulu berbagai jenis sistem LMS perusahaan, dan kemudian kita dapat melihat beberapa contoh konkret bagaimana perusahaan memaksimalkan peran LMS untuk kebutuhan mereka.

Fitur Utama Sistem Manajemen Pelatihan Perusahaan:

Setiap perusahaan memiliki kebutuhan pelatihan yang berbeda dan membutuhkan platform LMS untuk memenuhi kebutuhan tersebut secara efisien. 

Namun, ada beberapa elemen umum yang harus dimiliki untuk setiap platform pembelajaran perusahaan.

Berikut ini beberapa fitur utama yang bisa Anda temukan untuk LMS: 

1. Manajemen Pengguna: tambahkan, edit, dan atur pengguna di berbagai departemen dan berikan mereka berbagai peran

2. Manajemen Kursus: mengunggah, mengelola, dan menyampaikan materi pembelajaran.

3. Pelacakan Kemajuan: menilai kinerja pelajar tertentu atau sekelompok pelajar secara berkala dan memberikan umpan balik yang konstruktif

4. Jalur Pembelajaran: urutan kursus memungkinkan pelajar untuk mengakses materi pembelajaran secara sistematis dan linier. Anda juga dapat menggunakan kriteria evaluasi dan tenggat waktu dalam jalur pembelajaran untuk memahami apakah karyawan tersebut belajar dari kursus.

5. Manajemen Acara: jadwalkan aktivitas di kelas dan webinar serta pantau acara pelatihan dengan bantuan kalender acara di LMS. Ini juga berfungsi untuk memberi tahu siswa tentang acara mendatang. 

6. Sertifikasi: di mana Anda membuat penghargaan atau validasi yang merayakan pencapaian karyawan dalam menyelesaikan kursus atau program pelatihan. Platform pembelajaran perusahaan harus memungkinkan Anda untuk merancang dan memberikan sertifikat tersebut dan memfasilitasi sertifikasi profesional secara keseluruhan di perusahaan. 

7. Kesiapan Seluler: platform LMS responsif dan tersedia untuk pelajar di mana saja dan kapan saja. Dengan lebih dari 25% pelajar mengakses kursus di perangkat seluler, perangkat lunak LMS perusahaan harus siap untuk seluler dan dapat diakses 24/7 sebagai aplikasi. 

8. Integrasi Media Sosial: platform terhubung dengan platform sosial populer dan mendukung validasi sosial dalam suka, bagikan, diskusi, dan umpan balik pengguna. Ini membantu dalam meningkatkan keterlibatan dan memberikan pengalaman belajar kolaboratif.

9. Gamification: LMS memungkinkan fitur gamification untuk mendorong keterlibatan dan motivasi pelajar, seperti lencana prestasi, game dalam kursus, papan peringkat, dan sebagainya. Karyawan dapat terlibat dalam persaingan yang sehat sambil menyelesaikan modul pelatihan mereka. 

Intinya adalah bahwa platform pembelajaran perusahaan harus memelihara gairah dan visi perusahaan dalam pelatihan karyawan.

Bagaimana LMS Perusahaan Membantu Bisnis Anda Menjadi Sukses?

Dengan memanfaatkan aset Anda yang paling signifikan — karyawan Anda.

79% pro L&D setuju bahwa lebih murah untuk melatih kembali karyawan saat ini daripada mempekerjakan orang baru. Berikut adalah sepuluh cara LMS membantu bisnis Anda sukses:

1. Orientasi karyawan baru yang cepat dan mudah 

LMS untuk pelatihan perusahaan memungkinkan perusahaan mengotomatiskan pelatihan pengenalan karyawannya. Anda harus membuat program pelatihan sekali dan kemudian membaginya dengan para pemula. 

Orientasi dapat mencakup sejarah perusahaan, misi, nilai, visi, kebijakan, dan segala sesuatu yang perlu diketahui oleh karyawan baru!

Ini membantu merampingkan dan menyederhanakan proses pengenalan, meningkatkan retensi mereka, dan memberdayakan mereka untuk bekerja sejalan dengan visi perusahaan sejak hari pertama. 

2. Siklus pelatihan produk yang disederhanakan untuk penjualan dan dukungan pelanggan yang lebih baik

Salah satu penggunaan paling umum dan praktis dari perangkat lunak pembelajaran perusahaan mencakup pelatihan pengetahuan produk. Ini digunakan untuk memperkenalkan produk dan layanan perusahaan kepada karyawan baru dan mendidik staf tentang peluncuran baru.

Program pelatihan produk tipikal mencakup informasi, fitur, manfaat, dan aplikasi produk atau layanan baru. Ini diakhiri dengan kuis untuk menguji seberapa luas pengetahuan karyawan sekarang tentang produk. 

Ketika karyawan memiliki pengetahuan mendalam tentang semua produk yang dijual, mereka dapat memahami peran mereka dengan lebih baik dan meningkatkan metrik penjualan dan kepuasan pelanggan.

3. Peluang pengembangan pribadi 

Di samping hard skill yang berhubungan dengan pekerjaan, perusahaan juga dapat berinvestasi pada soft skill karyawan mereka. 

Keterampilan lunak seperti manajemen kepemimpinan dan berbicara di depan umum sangat penting dalam pekerjaan karena hal tersebut bermanfaat bagi karyawan selama dan di luar karier mereka. 

Perusahaan juga dapat menggunakan perangkat lunak LMS perusahaan untuk menyampaikan program pengembangan pribadi seperti kesehatan mental, yang dapat membantu karyawan dan menyampaikan bahwa perusahaan benar-benar berinvestasi dalam kesejahteraan karyawan mereka. 

Hal ini dapat membantu karyawan menyeimbangkan kehidupan kerja dan pribadi mereka serta secara positif mempengaruhi kinerja mereka. 

4. Pengurangan biaya pelatihan 

Memiliki LMS untuk pelatihan perusahaan secara signifikan mengurangi waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk melatih karyawannya.

Pikirkan berapa banyak Anda dapat menghemat biaya perjalanan sendirian ketika karyawan bisa mendapatkan semua pelatihan yang mereka butuhkan dari LMS.

5. Pelatihan interdisipliner yang mudah: 

Seorang yang ahli hanya di satu bidang tentu saja tidak cukup. Termasuk bagi karyawan Anda.

Mereka lapar untuk memperluas pengetahuan dan mempelajari keterampilan lintas departemen. Di sinilah pelatihan interdisipliner online bernilai emas.

Pelatihan ini membuat mereka lebih sadar akan berbagai aspek yang mempengaruhi kinerja perusahaan, dan mereka lebih cenderung untuk meningkatkan kemahiran mereka untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan secara keseluruhan di antara pelanggan. 

6. Konsistensi dalam pelatihan

Karena sistem pembelajaran perusahaan adalah sistem terpusat, ini memungkinkan konsistensi dalam pelatihan. 

Dalam hal program pelatihan yang dipimpin instruktur, kualitasnya dapat bervariasi berdasarkan pengetahuan instruktur dan hubungan serta keterlibatan dengan karyawan atau peserta pelatihan. 

Platform pembelajaran perusahaan memberi karyawan satu sumber konten, materi terkait, dan instruksi untuk memberikan kualitas pelatihan yang konsisten.

7. Kemampuan untuk melacak kemajuan pelajar 

Platform LMS yang solid memiliki alat pelaporan ekstensif yang dapat membantu SDM dan manajemen level C melacak kemajuan karyawan mereka selama pelatihan. 

Dengan bantuan matriks penilaian, timesheets, dan kehadiran, perusahaan dapat: 

  • mendapatkan wawasan tentang tingkat minat karyawan mereka dalam pelatihan itu 
  • memahami seberapa baik mereka menyerap materi
  • menggunakan wawasan ini untuk meningkatkan konten pelatihan mereka, 
  • melacak cepat karyawan yang berkinerja baik, dan 
  • memberikan perhatian lebih kepada peserta didik yang menghadapi kesulitan.

8. Peningkatan produktivitas dan kinerja

76% karyawan mengatakan bahwa perusahaan akan lebih menarik jika menawarkan pelatihan tambahan kepada stafnya.

Karyawan yang terlatih, termotivasi, biasanya akan berkomitmen pada perusahaan. Ini mengarah pada pekerjaan yang mulus dan efisien di seluruh organisasi, meningkatkan produktivitas dan kinerja. 

Oleh karena itu, semakin baik kinerja karyawan maka semakin tinggi pula pendapatan perusahaan.

9. Tingkat retensi karyawan yang ditingkatkan

Pemikiran dan upaya yang dilakukan perusahaan dalam pelatihan karyawannya menunjukkan seberapa besar kepedulian organisasi terhadap karyawannya. 

Modul pelatihan yang dirancang dengan baik mendorong karyawan untuk fokus pada pengembangan profesional dan pribadi mereka berperan penting dalam membina ikatan antara perusahaan dan orang-orangnya.

Perusahaan yang unggul dalam mobilitas internal dapat mempertahankan karyawannya hampir 2x selama perusahaan yang berjuang dengan itu.

Itu hanya beberapa dari banyak manfaat perangkat lunak manajemen pembelajaran perusahaan. Kita bisa melanjutkan, tapi sekarang, Anda mungkin seperti, sudah cukup! Jadi, mari kita ke bagian yang gemuk.

Untuk memberi pelatihan efektif pada karyawan perusahaan, Anda dapat menggunakan LMS Learning Management System dari Codemi.

Codemi (https://www.codemi.co.id/) merupakan platform online yang menyediakan program manajemen pembelajaran berbasis cloud untuk perusahaan. Dengan menggunakan Codemi, perusahaan bisa lebih mudah memberikan pelatihan kepada karyawan atau mitra.

Demi mendukung kelancaran pelatihan, Codemi dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung. Beberapa di antaranya seperti Learner Dashboard, Online Training, Course Catalog, Online Test, dan Learning Reward. Melalui Codemi, kami berharap bisa membantu perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan kualitas kemampuan karyawan.

Semoga bermanfaat.

Apa itu LMS & Pentingnya Untuk Perusahaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Randi Bouty