Friday, June 24, 2022

Manfaat Luar Biasa dari Elearning untuk Karyawan

Dias Akhmad  |  at  June 24, 2022  |  ,  | 

Karyawan membutuhkan pelatihan untuk menggunakan alat secara efektif di tempat kerja, dan karenanya, semakin umum menemukan platform yang menawarkan kursus eLearning untuk membantu pelanggan dan karyawan mereka menggunakan produk secara maksimal. 

Tidak seperti metode pelatihan lainnya, keuntungan eLearning bagi karyawan adalah memberikan dukungan terus-menerus yang dapat diakses kapan pun dan sesuai keinginan mereka.


Di bawah ini kami uraikan alasan mengapa karyawan menghargai produk yang menyertakan eLearning:



Manfaat Luar Biasa dari Elearning untuk Karyawan


Fleksibilitas tinggi menghemat waktu yang berharga

Dengan kerja jarak jauh yang meluas, karyawan lebih mungkin mengharapkan solusi tempat kerja yang sesuai dengan gaya hidup mereka. Kerja fleksibel lebih populer dari sebelumnya, dan salah satu manfaat utama eLearning bagi karyawan adalah staf dapat menyelesaikan kursus mereka dari mana saja dan  kapan saja.


Kursus eLearning menghilangkan kebutuhan staf untuk menghabiskan waktu bepergian ke ruang kelas, bertemu dengan tutor mereka atau sesama rekan kerja. 


Oleh karena itu, salah satu keuntungan eLearning adalah menghemat waktu karyawan. Menyesuaikan jadwal mereka, dan menunjukkan rasa hormat terhadap waktu berharga karyawan, kemungkinan akan meningkatkan keterlibatan dengan pelatihan serta moral karyawan.


Umpan balik cepat untuk kemajuan cepat

Menandai hasil secara manual dan memberikan umpan balik kepada setiap karyawan tentang pengujian mereka dapat memakan banyak waktu. 


Setelah bekerja keras untuk menyelesaikan pelatihan tatap muka mereka, karyawan mungkin harus menunggu untuk menerima umpan balik yang diperlukan untuk melanjutkan pekerjaan mereka.


Namun, menggunakan eLearning untuk karyawan, memungkinkan pekerjaan dinilai secara online secara otomatis. 


Staf tidak hanya akan menerima umpan balik instan dari pengujian mereka, tim manajemen dapat diperbarui secara berkala dengan informasi tentang bagaimana kinerja staf di platform eLearning. 


Hal ini memungkinkan manajemen untuk mendukung individu dengan lebih baik dengan dorongan atau nasihat di bidang-bidang yang terbukti membutuhkan perhatian.


Akses konstan ke sumber daya menyediakan dukungan 24/7

Untuk memastikan keterampilan karyawan selalu mutakhir, penting agar mereka dapat dengan mudah merujuk ke sumber belajar. Ini sangat penting jika program pelatihan digunakan untuk merekrut staf baru atau mencakup konten teknis yang terperinci.


eLearning menguntungkan karyawan dengan memberi mereka akses 24/7 ke informasi penting. Staf dapat mengakses platform pembelajaran mereka melalui komputer atau perangkat seluler mereka dan menyegarkan pengetahuan mereka kapan pun mereka merasa dibutuhkan. 


Dukungan sepanjang waktu ini mempertahankan kinerja yang efisien dan efektif dan, oleh karena itu, meningkatkan kepuasan kerja.


Karyawan mulai bekerja

Meluncurkan produk baru atau pembaruan produk bisa menjadi waktu yang menegangkan. Kesalahan dari karyawan diharapkan saat mereka memahami alat baru. 


Tidak hanya ini bisa menjadi masalah bagi perusahaan dan pelanggan Anda, karyawan juga bisa frustrasi dengan perubahan pola kerja mereka.


eLearning untuk karyawan memungkinkan mereka untuk membiasakan diri dengan solusi baru sebelum mereka ditayangkan. Sebagai alat diperbarui dari waktu ke waktu, pelatihan juga dapat dengan mudah diperbarui untuk mencerminkan perubahan ini dan sebagai hasilnya, kesalahan diminimalkan. Karyawan menghindari rasa sakit dari masalah tumbuh gigi dan bukannya mulai bekerja.


Memungkinkan kolaborasi global

Dengan tenaga kerja yang semakin global, salah satu manfaat terbesar dari eLearning adalah dapat dibangun untuk mendorong kolaborasi online di seluruh dunia.


Beberapa solusi eLearning terbaik memungkinkan karyawan dari berbagai departemen dan negara untuk berkontribusi dalam diskusi perusahaan yang lebih besar, langsung di modul pelatihan itu sendiri.


Dapat diukur untuk sejumlah karyawan

Setelah membuat modul eLearning, modul tersebut dapat dengan mudah ditingkatkan untuk diluncurkan ke karyawan sebanyak yang dibutuhkan, dalam banyak bahasa yang dibutuhkan.


Alih-alih mencoba mencari instruktur dan ruang kelas untuk didedikasikan untuk pelatihan, yang dibutuhkan karyawan Anda hanyalah akses ke komputer atau ponsel.


Mengurangi dampak lingkungan pada perusahaan 

Beralih ke eLearning tidak hanya cerdas secara finansial; itu juga lebih baik untuk lingkungan. Seperti yang dilaporkan Articulate di blog mereka:


“Memproduksi dan menyediakan kursus pembelajaran jarak jauh mengonsumsi rata-rata 90% lebih sedikit energi dan menghasilkan 85% lebih sedikit emisi CO2 per siswa daripada kursus tatap muka konvensional.”


Untuk memberi pelatihan efektif pada karyawan perusahaan, Anda dapat menggunakan LMS Learning Management System dari Codemi.

Codemi (https://www.codemi.co.id/) merupakan platform online yang menyediakan program manajemen pembelajaran berbasis cloud untuk perusahaan. Dengan menggunakan Codemi, perusahaan bisa lebih mudah memberikan pelatihan kepada karyawan atau mitra.

Demi mendukung kelancaran pelatihan, Codemi dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung. Beberapa di antaranya seperti Learner Dashboard, Online Training, Course Catalog, Online Test, dan Learning Reward. Melalui Codemi, kami berharap bisa membantu perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan kualitas kemampuan karyawan.

Itulah artikel Manfaat Luar Biasa dari Elearning untuk Karyawan. Semoga bermanfaat.

Manfaat Luar Biasa dari Elearning untuk Karyawan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Randi Bouty